Sering kali beberapa perusahaan atau individu mengartikan bahwa MARKETING itu adalah Penjualan. Padahal pengertiannya adalah marketing sebagai proses pemahaman ekspektasi konsumen dan menginterpretasikannya melalui pengembangan produk dalam rangka menciptakan nilai bagi stakeholder dan mengenalkannya ke pasar. Atau marketing adalah sebuah proses yang mengawali terbentuknya barang dan jasa, yang diikuti dengan proses produksi. Penetapan harga, promosi, dan distribusinya ke konsumen.
Pada sebuah perusahaan besar, fungsi dasar marketing merupakan awal dari diproduksinya sebuah produk, yaitu meliputi riset pasar dan pengembangan produk, desain, serta proses uji coba.
Fokus utama marketing adalah PEMBELI dan KONSUMEN. Setelah mampu menentukan keinginan dan kebutuhan konsumen, pemasar mengembangkan strategi yang dirancang untuk mengedukasi konsumen mengenai fitur-fitur utama sebuah produk, membujuk konsumen untuk membeli, dan terus meningkatkan kepuasan konsumen.
Dengan menggunkan “7in1” Competitiveness Indicators, keberhasilan bersaing perushaan atau institusi diukur dengan menggunakan ukuran 7 in 1 tersebut yakni ; sales, market share, customer awareness, customer image, customer satisfaction, customer loyalty, stakeholder value through profit dan growth. Dan untuk mencapai keseluruhan tersebut, perusahaan perlu ditunjang dengan 3 hal yakni; selling, marketing dan service (SMS).
Pada 7 in 1 tersebut tugas utama marketing adalah pencapaian customer awareness dan customer image. Selain pencapaian kinerja selling berupa sales dan market share serta kinerja service berupa customer satisfaction dan customer loyalty. Dan ketiga fungsi SMS harus saling mendukung untuk menghasilkan stakeholder value through profit dan dari waktu ke waktu harus growth.
Dan marketing kita tempatkan pada 7 in 1 competitor Insight yakni;
- Great Perception
- Quality Product
- Innovative Product
- Customer Engagement
- Massive Distribution
- Competitive Price
- Strive Sales Person, Customer and Competitor Insight.
***
No comments:
Post a Comment