Publication : Bisnis
Date :
Kesimpulan itu tertuang dalam Riset Faces Of Indonesia yang dilakukan Lowe Indonesia bersama Prompt, melalui wawancara langsung dengan 2.086 konsumen di perkotaan dan pedesaan Indonesia pada Nov – Des 2004.
Sampel riset terdiri dari pria dan wanita berusia 18 – 45 tahun dari semua kelas sosial dan ekonomi serta tingkat pendidikan, yang diacak dalam berbagai tahapan.
Menurut Paramita Mohamad, Strategic Planning Director Lowe
“ Tapi temuan riset itu cukup mengejutkan, terutama karena 54 % dari belanja iklan selama 2004 disalurkan ke stasiun – stasiun TV di kawasan Asia Pasifik, terma2k Indonesia,” ujarnya pecan lalu.
Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia ( P3I ) mengungkapkan belanja iklan pada 2004 sebesar Rp. 21,09 triliun, yang tersebar ke TV ( 62,5 % ), Koran ( 27 % ), majalah dan tabloid ( 7 % ), dan media lainnya ( 3,5 % ).
Teknik baru
Temuan Faces of
“ Karena itu iklan di TV diharapkan bisa menarik perhatian, relevan, dan cukup simple tapi brian,” kata Paramita.
Dari riset diketahui 80,47 % pemirsa TV menyatakan menyukai iklan yang lucu, sedangkan 66,33 % menyukai iklan yang memberikan lebih banyak informasi mengenai produk.
Riset Lowe menunjukkan 74 % pemirsa TV menonton berita criminal, 66 % pemirsa menonton sinetron, dan 54 % pemirsa menonton tayangan misteri, dan 53 % menonton infot2nment dan reality show.
Riset juga mengungkapkan sepertiga pemirsa TV mengaku menonton seluruh tayangan tersebut menyatakan tak tahu pasti apakah menonton karena suka atau tidak menyukainya.
Thursday, March 10, 2005
Publication : Koran Tempo
Date :
“
Iklan yang paling efektif, menurut dia adalah yang paling simpel, lucu, dan mengandung ide – ide cemerlang. “ Sebanyak 80,47 persen pemirsa televisi menyukai iklan – iklan yang lucu. Cuma 23 persen yang suka iklan agak rumit. “
Dia menambahkan, tidak semua iklan efektif ditayangkan di televisi. Sebab, tidak semua kelompok masyarakat suka menonton televisi dan iklan.
“ Sebanyak 15,2 persen penduduk
Terma2k dalam kelompok itu mayoritas pria yang cukup tua dan tinggal di wilayah perkotaan, Umumnya mereka berkarakter alim dan terma2k orang mapan serta berkepercayaan diri tinggi.
Paramita mengatakan, hasil riset ini bisa jadi akan mengejutkan banyak orang. Pasalnya, pertumbuhan belanja iklan di
No comments:
Post a Comment