Saturday, July 19, 2008

KRISTIK : "GiRL in the Window"

Spesifik Produk

Kode Produk : K806

Jenis Produk : Kristik

Judul Produk : Girl in the window

Ukuran Paket : 70 x 100 cm

Ukuran + Frame : 85 x 115 cm

Harga Paket : Rp. 100.000*

Harga Sudah di Kristik : Rp. 350.000*

Harga Sudah di Frame : Rp. 1.000.000

(*) Harga belum termasuk ongkos kirim

(*) Discount 10 % u/ pemesanan 5 – 10 paket

Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Kristik, pasti kita semua sudah tahu kerajinan jenis ini tapi tahu kah anda bahwa kerajinan ini berasal dari mana?, setelah saya cari referensinya ternyata berasal dari Kerajinan Belanda, inilah warisan yang di tinggalkan oleh orang-orang Belanda pada orang Indonesia.

Pertama sekali saya tahu jenis kerajinan ini ketika saya duduk di kelas 3 SD diperkenalkan oleh tetangga saya bernama Kak Aisyah (keluarga asal dari Timor) yang ketika itu sedang membuat kerajianan Kristik ini. Mereka sekeluarga pandai membuat kerajinan Kristik, karena seringnya saya bertandang ke rumah tetangga ini akhirnya saya terinspirasi kemudian saya membeli bahan-bahannya dan mencoba membuat kristik ini dan jadilah sebuah karya saya tapi masih gambar-gambar kecil.

Teringatlah saya bahwa Ibu (almh.) menyimpan satu paket kristik bergambar rumah minang (gambar ini berbeda dari banyak yang sudah saya lihat) lalu di bulan puasa untuk mengisi libur saya mengerjakan kristik tersebut. Sampai sekarang hasil karya saya masih terpasang didinding ruang tamu, hanya framenya yang sudah tua/jadul (jaman dulu…).

Semula kerajian kristik sudah mulai tenggelam, tapi dibeberapa media pernah saya baca kerajianan kristik ini dibahas karena sudah ada yang membuka segmen kerajinan jenis ini untuk dikembangkan. Alhamdulillah, terbuka peluang UKM jenis kerajinan kritik kembali tapi yang menjadi kendala adalah masyarakat yang belum terbiasa kembali dengan kerajinan kristik sehingga belum untuk di minati dan nilai dari karya seni pada kerajinan ini masih dianggap remeh.

Penghargaan masyarakat Indonesia terhadap karya seni kerajianan-kerajinan tangan yang dimiliki di tiap provinsi Indonesia sangat kecil, padahal pengerjaan yang dikerjaan tangan berbeda dengan yang dikerjakan oleh mesin, Mesin bisa memproduksi dalam jumlah yang banyak sedang pengerjaan yang dilakukan dengan tangan itu mengambil banyak kinerja, sebagai contoh adalah :

  • Pengerjaan dengan tangan mengambil waktu yang bisa di bilang cukup lama
  • Perlu ketelitian
  • Perlu keseriusan dan ketekunan
  • Perlu kesabaran
  • Tidak semua orang bisa mempunyai ketelitian, keseriusan, ketekunan, kesabaran dan mau menghabiskan waktu yang lama hanya mengerjakan kerajianan ini.

Pantaskah dan layakkah jika anda membeli produk kristik ini meremehkan dan tidak menghargainya? jika di lihat dari bahan-bahan yang dikerjakan yaitu hanya benang-benang Wol.

Pantaskah dan layakkah kerajinan kristik yang anda beli dengan hanga murah sekali…, bagaimana kehidupan orang-orang yang mencari makan dengan hanya keterampilan ini yang di milikinya sementara mengerjakannya memakan waktu yang lumayan lama, untuk ukuran 75 x 100 dikerjakan selama 1 bulan, lalu bagaimana makan-minum mereka selama sebulan?.

Di Negara asalnya kerajinan kristik ini yaitu Belanda, sampai sekarang masih sangat diminati masyarkatnya dan menghargai dengan Nilai yang sangat tinggi terhadap karya seni sebuah kerajinan yang dikerjakan dengan tangan dan hanya ada di Galery Khusus dengan harga karya seni yang pantas dan Layak.

Oleh karena itu saya ingin mengangkat derajat pengrajin-pengrajin kristik Indonesiamempunyai taraf hidup yang layak dengan memberi upah yang sesuai dari 5 hal yang saya katakan di atas. Pekerja saya ada di P. Jawa dan Jakarta. untuk

Ok, teman-teman saya tunggu pemesanannya,…..

***

3 comments:

Anonymous said...

Saya pingin beli paket kristiknya, gimana caranya ya? Please email ke vita@altrak1978.co.id ya. Tq

Rina Oktaviani said...

Ok, saya sudah email anda jika ada barang masuk akan saya kabari lewat email-mu.

Thank's and Salam

Note: buat siapa pun yang berminat silahkan beri komentar/alamat email di sini nanti saya akan hubungi untuk selanjutnya, untuk sementara saya belum bisa masukkan fasilitas untuk belanja online sedang dalam proses. thank's.

Anonymous said...

kalau beli buku pola kristiknya ada g ya? saya ingin coba buat sendiri,,, thanks, email saya di sizukawisuda@yahoo.co.id.