Thursday, June 19, 2008

1001 KEGUNAAN KUNYIT

Curcumalonga Koen atau Curcuma domestica Val disebut KUNYIT. Dari daun sampai ke rimpangnya banyak digunakan untuk bumbu dapur, dan obat-obatan.

Rimpang digunakan sebagai pewarna yaitu untuk mewarnai kapas, wol, sutera, tikar, dan barang-barang kerajinan. Tidak hanya itu digunakan sebagai pewarna dan penyedap berbagai makanan. Sedang di Eropa digunakan untuk mewarnai mentega, keju dan lain-lain. Serta tepung kunyit dipakai di industri kosmetik.

Senyawa apakah yang terkandung pada rimpang kunyit dan manfaatnya?:

  • Kurkuminoid yang memberi warna kuning
  • Kurkuminoid diteliti kemampuannya untuk antioksidan (melindungi sel-sel, jaringan dan organ tubuh dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas dengan menetralisasi radikal bebas, mencegah pembentukan radikal yang baru.
  • Kurkuminoid diteliti kemampuannya untuk efek cegah kanker, menurunkan risiko serangan jantung, infeksi kulit seperti eksim dan kudis. Dan digunakan juga untuk pengeluaran empedu sehingga mencegah perut kembung juga untuk melancarkan haid yang tidak teratur.
  • Selain itu penyakit yang dapat di obati adalah : Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan ; haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Memperlancar ASI, Amandel, berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken).

RESEP DAN TIPS MEMBUAT KUNYIT ASAM

  • Diabetes melitus: 3 rimpang kunyit, ½ sendok teh garam. Cara membuatnya adalah kedua bahan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan adalah diminum 2 kali seminggu ½ gelas.
  • Tifus : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambilot. Cara membuatnya adalah semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring. Cara menggunkannya adalah diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.
  • Membuat kunyit Asam : 150 grm kunyit, 130 grm gula jawa, 80 grm asam jawa, 80 grm gula pasir, garam secukupnya dan 1 liter air. Kunyit di parut, peras airnya dan endapkan. Campur air asam dan air kunyit dalam kuali tanah, rebus hingga agak kental, kemudian disaring.
  • Untuk penghilang rasa nyeri atau antiradang : 20 grm kunyit di parut, dicampur dengan air panas lalu di aduk. Peras dan saring airnya, tambah 1 sendok madu. Dan diminum sekaligus.

No comments: