Tuesday, June 17, 2008

Dokumen Rahasia Inggris Tentang al-Qaeda dan Irak TERTINGGAL di KA


12/06/08 06:11
London, (ANTARA News) - Para pejabat Inggris, Rabu, mengungkapkan "rasa cemas luar biasa" sehubungan keteledoran serius yaitu tertinggalnya dokumen-dokumen intelijen sangat rahasia mengenai jaringan teror Al-Qaeda dan penilaian terakhir situasi keamanan di Irak di sebuah kereta-api.

Dokumen-dokumen itu milik seorang "pejabat sangat tinggi intelijen di Kantor Kabinet", kata BBC.

Dokumen itu ditemukan di dalam amplop berwarna oranye di sebuah kereta-api yang berangkat dari Stasiun Waterloo London pada Selasa. Seorang penumpang menyerahkan amplop itu kepada BBC.

Scotland Yard telah memulai penyelidikan kasus yang disebut-sebut sebagai pelanggaran keamanan serius itu. Dokumen-dokumen tersebut, yang semuanya memiliki kode keamanan, tidak seharusnya dibawa keluar dari kantor pemerintah.

Dokumen itu, meski hanya tujuh halaman, diklasifikasi sebagai "UK Top Secret" dan berisi penilaian muktahir intelijen pemerintah mengenai Al-Qaeda dan sebuah laporan topik tentang situasi militer di Irak.

Dokumen-dokumen itu sangat sensitif sehingga masing-masing diberi nomor dan ditandai "untuk dilihat Inggris/AS/Kanada dan Australia saja", kata koresponden bidang keamanan BBC Frank Gardner.

Laporan mengenai Irak mencakup bagian-bagian yang memberi penilaian "memberatkan" terhadap pasukan keamanan Irak, kata BBC.

Kedua laporan itu merupakan penilaian-penilaian yang dibuat oleh Komite Intelijen Gabungan pemerintah.

Ada ungkapan "rasa cemas luar biasa" di sejumlah jajaran departemen pemerintah sehubungan dokumen-dokumen sangat rahasia bisa tertinggal begitu saja, kata Gardner.

"Dua dokumen yang bertanda `rahasia` tertinggal di sebuah kereta-api dan kemudian diserahkan kepada BBC. Telah terjadi kebocoran pengamanan, Metropolitan Police (polisi London) sedang melakukan penyelidikan," kata seorang jurubicara Kantor Kabinet.(*)

*** Walah apapun tentang dokumen sampai ketinggalan begitu itu sih wajar, manusiawi tapi kalau yang 'top scret' apalagi yang berhubungan dengan Al Qaeda sepertinya lebih tidak manusiawi karena musuh yang dijuluki 'Teroris' menjadi bahaya jika tahu telah terjadi kebocoran dokumen ini... lihat sebegitunya kebakaran jenggotnya pemerintah UK, tapi pemimpin Al Qaeda sendiri yang jenggotnya panjang gak pernanh kebakaran tuh kenapa yah??? apa karena orang yang terjaga dengan wudhu dilindungi dari marabahaya??? jadi saat akan terbakar karena masih ada air wudhu padamlah api tersebut, jadi beruntunglah laki-laki yang melaksanakan sunah dengan memanjangkan jenggot,... apa benar begitu???....

No comments: